Senin, 18 Maret 2024

Pengalaman kerja di Alfamidi dan Lawson Indonesia




Sekali lagi gw sampein, gw tulis pengalaman kerja ini bukan utk menjelekkan ataupun membuat negatif dll nya. Disini gw hanya mau berbagi ttg apa yg gw tau, dan kalaupun apa yg gw tulis ini ada yg salah bisa dikoreksi di halaman komentar. Krena gw tau, ga semua yg gw tulis ini benar. Biar temen2 yg baca, bisa mendapatkan info yg tepat dan benar bukan yg hanya katanya aja πŸ‘¦

gw akan berbagi cerita ttg pengalaman gw secara real selama bekerja di Alfa group (alfamidi dan Lawson) yg gw pastiin ini bukan katanya (yg mungkin membuat lu takut utk bergabung dgn minimarket).

Gw pertama bergabung dgn Alfamidi di tahun 2010 dibulan oktober, prosesnya lumayan cepat dan express (klw dulu ya, Krena gw dengar2 skrg utk bergabung agak ribet dan susah). Gw dapat info loker alfamidi dari brosur yg disebar, dan datang walk in interview nya di lantai 2 Alfamidi Pondok Labu. Step2 kurang lebih sbb :
- psikotes (menggabung2kan gambar dan penambahan angka)
- test buta warna
- cek Tato dan tindik (buka baju nih, tpi jgn harap cewe ama cowo digabung 😁)

Ini semua dilakukan dlam 1 hari, setiap test yg dilakukan akn langsung diseleksi dgn sistem gugur. Setelah semua selesai, alhamdulilah gw lolos sampai seleksi tahap akhir dan senin nya langsg diminta ttd kontrak di Cikokol (kantor pusat lama). Waktu ini UMP Jakarta masih 1,3jt gan, gw tua banget kayaknya hehe
Ohya waktu test sih gw pakai kemeja bebas, tpi banyak juga yg pakai hitam-putih. Tpi gw saranin pakai hitam-putih aja, biar lebih sopan dan sadar diri sbg anak baru πŸ˜€
Dan klw sdh diterima brrti rambut sudah wajib dipotong 1-2-1 alias cepak tentara.

Next..
Proses training ini antara lain:
- belajar FIFO barang
- belajar jadi kasir
- belajar SO
- dll.

Setelah proses training selesai, waktunya incharge di gerai dan disinilah proses pematangan seorang pramuniaga dan apa yg didpat saat training adalah 5% dari apa yg ada dilapangan gan. Trus enaknya disini ga ada probotion2 selama 3 bulan seperti perusahaan2 yang lain terus klw sesuai kriteria bisa dikontrak selama 1thn. Disini lu bisa langsung kerja dgn gaji awal UMP Jakarta yg berlaku,  Langsung !!!
Tpi ini yg gw tahu sampai thn 2015 ya, utk sekarang sih gw ga update kabarnya.

Disini gw juga mengawali karier dari crew/jongos dan ilmu retail gw benar2 nol besar, Sampai alhamdulillah bisa hafal semua produk dan hebatnya lagi gw bisa tahu kalau ada customer nanya lokasi produk dimana, misalnya lu nanya bedak aerosin yg untuk burikan kulit dimana ya? Nah gw bisa tuh jawab "ada dibelakang bang, sebelah kiri samping terong yang warnanya item diujung kiri" sampai sedetail2 nya πŸ˜‚

Disini cowo akn dapat Mess, tpi utk cewe ga ada ya. Cewe mah ngekost sendiri

Next..
Gw di Alfamidi selama 6 bulan (Alfamidi Radio Dalam) dgn sales - /+ 23jt perhari. Tapi itu termasuk dgn sales rendah lho gan 😯
Dan pernah hampir dipindahkan ke toko alfamidi panglima polim, karena slek dgn kepala toko gw dan sales  bisa -/+ 50-60jt (kan bisa turun brok gw).
Untungnya gw diselamatkan oleh Lawson yang katanya membutuhkan orang putih dan bersih karena kerjasama dengan orang Jepang,, itu kata korwil gw sih dan gw masuk kriteria itu hehehehe. Klw nasib baik mah mmg selalu diterangkan. Seperti lampu Philips

Lanjut ke cerita kepala toko gw yang tdi nih, jujur aja Padahal kepala toko gw ini org baik bget, seru, gokil, berintegritas juga, mungkin Krena masih muda jadi waktu itu gw agak kurang cocok ama dia, dan ga naif gw bilang klw dia salah satu kepala toko terbaik yg pernah gw kenal selama 5thn di Alfa group. Ohy nama orang itu Ratono Ortega 🀘

Dan alhamdulillah sampai skrg gw masih berkomunikasi dgn baik dengan dia. Klw ga salah kabar, dia skrg udah jadi Manajer area di daerah Medan (dia adalah manajer area tercepat yg naik jabatan, ngebuntutin semua angkatan dia) kerenlah ini orang pokoknya. Tapi ini orang suka banget ama film bokep, otaknya mesum mulu 😁

Dan dalam 3-4bln pak Ratono ini masuk Lawson juga ternyata, mungkin gelombang ke-3 lah. Tapi dia jadi junior gw, biarpun jabatannya tetep tinggian dia hahaha.. Dan updatenya skrg dia balik ke Alfamidi jadi Manajer Area di Medan, seperti yg gw jelasin diatas.

Ohy setelah 6bln di Alfamidi, gw ditarik ke Lawson nih jadinya Krena gw putih dan bersih tadi πŸ˜„ ( yaitu anak perusahaan alfamidi, yg bekerja sama dgn Lawson Internasional).

Lawson ini adalah perusahaan asal Jepang yg sahamnya dimiliki oleh Mitsubishi gan, jadi menurut gw kemungkinan bangkrutnya kecil banget. Dan yg gw dengar updatenya skrg sudah misah dengan Alfamidi, tpi ga tau juga sih πŸ˜…

Ohy lanjut..
disini gw adalah salah satu pioneer Lawson Indonesia bersama hampir - /+ 20 org lainnya.
Angkatan2 pertama itu isinya :

AM - pak Yudi sobari (skrg jadi dbm/bm Alfamart branch Bali)
Korwil - pak Henry (skrg jadi AM alfamidi area Jakarta)
KT - Nanda (skrg korwil Lawson area Jakarta)
AKT - Elan san(resign)
MD - Sigit (skrg jadi manajer training branch Bitung)
MD - Iwa (kepala toko alfamidi)
MD - Nata (KT di Lawson)
Kasir - Ristya (resign)
Kasir - Ayu (resign)
Kasir - Nia (resign)
Kasir - gw lupa ✌️
Kasir - gw lupa ✌️
Crew - Berry (gw sendiri, resign)
Crew - aa kusmayadi (MD di Alfamidi)
Crew - Asep (resign)
Crew - Randy (resign)
Crew - Rizal (masih diLawson)
Crew - Dede (masih diLawson)
Crew - gw lupa ✌️
Total 1 toko : 17 orang gan 😁
Utk skrg nih, per gerai cuma 6-10 org aja.

Kami ini adalah yg membuat yel-yel Lawson yg setiap hari sebelum awal shift selalu dibawa briefing oleh pramuniaga2, yg isinya kurang lebih :
"(awalnya gw lupa).... Kualitas, Service, Cleanis jadi bukti.. Apa kabar Lawson.. Luar biasa.. Lawson Indonesia.. Pasti bisa"

Ya gitulah pokoknya, Sorry kebolak-balik kayaknya, lupa gw sumpah πŸ˜€πŸ™...

Dan ini kita2 langsung di training sama orang jepangnya. Yg namanya ada Yamamoto san, Andi san, Soga san, Kazi san, dll..

Tahap2 nya antara lain, sbb :
- belajar jadi kasir lagi (krena ada produk fast foodnya)
- belajar masak (goreng2an, buat nasgor, buat oden dll), terus semua hasil training ini akan dimakan para peserta uwennaakkk tennaannn.... πŸ’
- belajar SO lagi
- belajar FIFO lagi

Klw orang2 Jepang nya sih, hanya fokus ke cara2 masak aja sama pengisian ceklist2. Klw yg lain, semua diajari oleh trainer Indonesia. Klw Jaman gw dulu namanya bu Debby, Pak Eko, dan Pak Willy.

Dan sejak di Lawson ini gw mulai bertualang kemana2, krena syarat awal harus siap ditempatkan dimana aja jadi harus gentle utk bertanggung jawab. Mulai dari Lawson Kemang (store pertama di Indonesia, yg skrg udah ganti jadi Alfamidi), pindah ke Lawson Pramuka, Lawson UBM, Lawson MOI (skrg sudah tutup), Lawson Percetakan Negara, dan yg terakhir di Lawson Salemba Raya sbg Asst. Chief of Store2 atau bahasa simple nya asst. Sore manajer lah
Gw resign di Alfamidi group di bulan Desember 2015

Gw akan menjelaskan ttg hal yg sering gw dengar knpa orang2 takut bergabung dgn minimarket dan hal sejenis:

NBH (nota barang Hilang),
Ini adalah hal yg paling ditakutkan oleh org2 utk bergabung. Gw kasih tau ya, NBH itu ada karena adanya barang hilang yg diluar kompensasi perusahaan (3% dari sales, utk alfamidi dan 2% utk Lawson klw ga salah✌️) klw ga ilang mah, ga ganti alias gaji lu full.

Gw aja selama bergabung dgn alfamidi group, maksimal ganti 75rb selama sebulan. Ga gede donk, dibanding UMP yg lu dapet. Dan gw pastiin ini terjadi karena faktor internal 80%nya (administrasi, integritas karyawan yg rendah dll) dan eksternal hanya 20% aja (maling). Jadi klw lu ga mau kena, ya teliti aja dgn barang masuk/keluar serta kontrol temen2 kerjaan aja gw pastikan lu ga akan kena NBH. ☕

Tpi klw gw sih NBH bukan sesuatu yg perlu ditakutkan, hal yg paling serem itu waktu barang dagangan datang (yg disebut anak store sbg DC reguler) ampun !!! Klw datang barang itu males bener apalagi lu ditempatkan di store ramai lemes semua dah tulang belulang lu klw DC reguler ini datang πŸ’ͺ isinya :
1. Aqua (gelas, 330ml, 600ml, 1500 ML) dalam karton
2. Coca cola, sprite (1500ml) dalam karton
3. Dan ada banyak lagi jenis minuman kartonan lainnya, kayak Ichi Ocha, teh pucuk, merk mineral lainnya (fit, le mineral, dll), susu bendera, snack2 dan banyak lagi lainnya yg ada dalam kontainer warna biru/kuning yg biasa ente lihat depan toko.

Dan itu belum seberapa ada banyak lagi model lainnya seperti indomie, detergen dst. yg totalnya tergantung sales store lu. Klw salesnya 50jt sehari, brrti yg datang juga bisa 60-80jt juga
Dan ini belum selesai gan, lu harus cek juga qtty nya (ini termasuk dalam administrasi, dan faktor terbesar penyebab NBH klw kesalahan qtty)  πŸ˜–πŸ‘

Dan biasanya datang 2-3x seminggu per store. Tpi utk cewek tenang aja, kalian hanya fokus ngasirin aja krena ini adalah tugas laki-laki perkasa (jujur, klw kayak gini jadi ngerasa pengen jadi cewek πŸ˜…).

Dan hati-hati gan, saat barang datang biasanya dimanfaatkan oleh org2 yg tdk bertanggung jawab dan mencari2 celah utk maling dgn pertimbangan pengawasan yg rendah krena mayoritas pramuniaga fokus ke penurunan barang. Ane pernah kena 3x kejadian persis kayak gini

Lanjut ya..
Nah yg kedua, gw ga suka dgn shift kerjanya. Disini lu akan masuk di 3 shift, yaitu :
Shift 1 : 06.00-14.00
Shift 2 : 14.00-22.00 (shift maks cewek)
Shift 3 : 22.00-06.00 (shift khusus cowo)

Pokoknya harus kuat mata lah hehe, utk mmbantu temen yg shift jumping tenang aja di gerai ada mes nya (seperti yg gw jelasin diatad). Dan cocoklah utk temen2 yg merantau, bisa irit duit ga perlu bayar kost. Intinya disini lu harus kuat fisik guys, dan gw pastiin lu akan banyak ktemu temen2 baru.

Normal shiftnya seperti di atas ya, tapi dipastikan ga akan tepat waktu ya khususnya jam pulang, πŸ˜‚ loyalitas lah (klw istilah anak store itu: Loyalitas tanpa batas, sampai tewas wkwkwkwk)
Bisa aja shift 1nya lu pulang jam 16.00, shift 2 nya pulang jam 24.00 tapi klw shift 3 sih agak lumayan tepat Waktu lah πŸ‘

Ohy 1 hal lagi, disini lu ga akan kenal dengan namanya off sabtu-minggu, off tanggal merah ataupun mau pulang klw lagi Lebaran berkumpul dengan keluarga. Jangan harap men, lu diwajibkan utk tetap bertarung di store dgn pelanggan 😭

Khusus utk lebaran, biasa masuk jam 12.00 krena diizinkan utk sholat I'ed dulu. Dan klw masuk kerja nih lue akn dibayar cash langsung lemburannya. Pas dulu sih dapatnya sekitar - /+ 200rb/hari, lumayan banget kan. Tpi skrg gw kurang update sih.

Tapi disini Lu ga akan ditipu gan, pegang omongan gw. Semua yg lu ttd di kontrak akan dipenuhi oleh perusahaan dgn penuh tanggung jawab.

Gaji lu UMP full (klw ga ada NBH ya) , BPJS lu akan di urus, dan semua hal yg jadi hak karyawan akan dikasih.
Kecuali bonus akhir tahun ya, karena ini hanya berlaku utk karyawan tetap (MD ke atas) dan kabar dapatnya pun tiap tahun selalu bikin deg-degan,  dapat atau ga bonusnya.

Saran gw sih, lu semua ga perlu takut utk bekerja di minimarket (Alfamart, alfamidi, Lawson, indomaret, dll) Krena mereka ini Perusahaan besar gan, ga mungkin mereka nipu lu. Dan gw saksi hidupnya utk hal ini. Dan klw lu dapat kabar yg aneh2, jgn mudah percaya. Buktiin aja, bener apa ga nya, klw mreka perusahaan jelek knpa bisa bertahan dan terus tumbuh kayak skrg.

Pokoknya lu-lu pada harus coba guys, apalagi yg baru2 lulus dan butuh pengalaman kerja. Krena disini lu akan dapat tim yang akan jadi sahabat buat lu, dan banyak juga yg jodohnya ktemu di minimarket ini, ayo yg jomblo merapat2.

Ohya gan disini pembayaran gaji menggunakan atm BCA (klw indomaret gw kurang tau sih), dan misal lu belum punya atm nih perusahaan akan membuatkannya buat lu kok. Dan lu ga perlu repot2 ke bank, serta gaji keluar selalu di tgl 28 bulan berjalan (klw 28 kena hari sabtu/minggu/senin dan tgl merah, brrti akan dimundurkan dihari kerja senin-jumat)

Saran gw terakhir
jgn pernah takut utk mencoba jika itu mmg halal, jgn terlalu percaya dgn istilah "katanya", lakukan, buktikan, dan Informasi kan klw mmg ada yg baik/buruk supaya menjadi ilmu utk org2 yg belum pernah mengalaminya.

Kurang lengkap sih ini, masih banyak lagi yg perlu dikulik tapi gw bingung mw tulis apa hehe πŸ‘¦

Ohya ada lagi info yg sangat penting dan wajib utk disampein yg menurut gw adalah salah satu hal yg sampai saat ini masih gw syukuri dan terima kasih yg banyak buat Allah swt, gw dapetin pacar sekaligus calon istri (insha allah) juga di Lawson guys tepatnya di Lawson Salemba Raya. Dan klw diceritain nih alur cerita nya gimana bisa gw ama dia bisa jadian. Pokoknya seru dan udeh kayak sinetron "ganteng-ganteng serigala" Hehe πŸ˜† <---- kok lari nya jadi kesini2 sorry ✌️
Udeh dulu ya, pegel gw ketiknya.....


Thanks gan,
Selamat sukses untuk kita semua ☕



333 komentar:

  1. Mantap gan ceritanya jdi terharu juga dan gk bikin sy jdi patah semangat buat kerja dialfamidi. Kata² awalnya jg bagus untuk slalu mengingat Alloh. Sukses slalu buat you gan. πŸ‘ oiya satu lg, baru kali ini sy mau baca tulisan yg lumayan panjang jg, soalnya keseringan sy gk pernah mau baca tulisan yg begitu panjang. Krna diawal kata nya jg udh tertarik mau baca.😊

    BalasHapus
  2. Boleh tanya gan, kalau nama di kk sama ktp beda gimana ya gan. Apa kita digugurin?, posisi tinggal nunggu panggilan training, minta penjelasannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw sepengetahuan gw sih, ga masalah gan. Gw doain semoga dipanggil training nya, krena klw udh training 100% pasti udh masuk.

      Hapus
  3. Dapet tunjangan makan gak ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. UMP yg didapet udh termasuk semua gan (gp, um, ut), tpi diluar lembur dan bonus2 ya.

      Hapus
  4. Gan klo udh lolos tes trus kita tinggal nunggu di telpon buat ikut training nya nunggu brapa minggu gan ??

    BalasHapus
  5. Klw ini gw ga update gan, tpi klw zaman ane dulu paling maks 1 minggu sdh dipanggil.

    BalasHapus
  6. Biasanya tugas pramuniaga di alfamidi ngapain bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -bersih rak
      -jadi kasir malem
      -display dan passing out barang
      -nurunin dan cek barang dari truck
      -SO harian dan bulanan, biar ga kena nbh
      -makan mie + ceplok telor
      -jangan maling, biar ga kena nbh
      -cek harga barang dan tgl exp

      Hapus
  7. Inspiring gan postingan nya. Kalo langsung ke Lawson gimana proses nya ya??? Cabang Surabaya ada kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeq_SKbjiRRwmC5T0gmk9NgLadboe_yEF06lMgnKRJV90iROA/viewform <-- copas link ini aja inyallh bisa gan

      Hapus
  8. Kyaknya blom ada gan, maennya msih area jabodetabek aja.

    BalasHapus
  9. Mau nanya bro . Mulai training itu dari jam brpa yah . Kmaren saya di ksih tau tapi lupa
    Takut hari pertama training telat bro heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sorry gan, lupa ane utk jam trainingnya. Takut salah klw dijawab✌️

      Hapus
  10. Kalo Lawson trainingnya di mana ya ka? Dimangga besar bukan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu jaman ane sih:
      -Awal di cikokol, tangerang
      -Terus pindah ke Jababeka
      -Terakhir di Bitung

      Klw skrg sorry gan, ga tau..

      Hapus
  11. Yang dipanggil training udah pasti keterima kerjakkan gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes gan 80% nya keterima, dan kita jga nunjukin niat yg serius saat ikutin trainingnya.

      Hapus
  12. mantao artikelnya !, bang mao tanya tolong dijwb satusatu ya bang:) hehe, kerja di alfamart itu enak ga si ? enak nya apa, ga enaknya apa?untuk masa depan cerah, biasa" aja atau jelek? kira" perusahaan suka ngasi bonus ga bang? sama tips trik buat pekerja baru, soalnya saya mao training nih bang,:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya gw di Alfamidi sih bukan Alfamart, tpi gw akn bantu jawab krena mnurut gw ga akan sangat jauh beda:
      -enaknya itu; lue bisa jadi kartap jadi bisa tenang nih ga takut2 putus kontrak, ada jenjang karir yg jelas (klw jadi korwil, bisa dapat inpentaris mobil), gaji langsung UMP (setiap tahun ikut kebijakan pemerintah perihal gaji), bisa hemat krena ada MES
      -ga enaknya; waktu sama keluarga terbatas krena jadwal kerja banyak yg jumping, bayar NBH (klw manajemen internal jelek), harus hati2 gejala tipes krena biasanya disini ritme makan agk kacau, siap capek krena semua kegiatan apapun di dalam toko adlah tanggung jawab tim toko (seperti cleaning, nurun barang, display barang, SO, nuker duit receh dll)
      - Untuk masa depan sih oke ya, menurut ane gan. Krena temen2 ane yg skrang masih si Alfa group banyak yg udah kebeli rumah KPR, motor, pdhal udah punya anak-istri (nikahnya juga kebanyakan ga jauh2 dah, paling sama kasir2 juga 😁).
      - klw achiev target perbulan akan dapat bonus (tpi ada syarat2 yg harus dipenuhi, sejenis target bulanan lah. Misah: sales, std, apc, nbh), ada juga bonus tahunan tapi ini khusus MD ke atas. Pramuniaga biasa sih belum dapat
      -Tips: biasanya klw pramuniaga baru akn dikasih tandem ank lama, nah ini jgn malu utk nanya2. Sama jangan males atau jgn ngandalin temen lain, klw kita ngandelin pasti akn jadi omongan temen2. Pokoknya asal niat mah, insyallh jalannya baik gan.

      *pegel.ngetiknya😭

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. THXgan ganteng bermanfaat!! jd kesimpulannya enak kerja di alfa ya? jd ambil aja ya ini kerjaan?

      Hapus
    4. Coba diambil kesempatannya gan, siapa tau rizki nya disini.

      Hapus
    5. Dialfamidi itu mesti wajib banget ngemes kali gan ?
      Kalau misalnya gak mau ngemes boleh gak ?

      Hapus
    6. Boleh gan, tapi kalau dateng mobil DC jangan harap di bantuin sama anak mesh wkwkk

      Hapus
    7. hahaa iyah ,, di alfamidi kita diajarkan apa itu solidaritas dan loyalitas tanpa batas

      Hapus
  13. Min, tanya.
    Kalo di alfamidi boleh ga sih pake celana jeans yang slimfit?
    Apa harus yang standar yah celana jeansnya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu jaman ane sih, masih wajib pakai celana bahan item gan. Tpi pas akhir2 ane mau resign, ada aturan baru diwajibkan pakai jeans hitam (tpi bukan yg slimfit atau nge'trit).

      Hapus
  14. Kok kenapa risegn dari alfamidi padahal udah. 5 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berada terlalu lama dizona nyaman itu, sangat menakutkan gan*. tpi juga harus dipikirkan matang2 seblum ambil resiko seperti ane. Jujur, waktu ane resign utk mencari pekerjaan baru lagi itu butuh waktu -/+ 2thn (sampai harus mencairkan BPJS utk biaya hidup 😁). Apalagi hanya lulusan SMA yg saingan kita juga akn terus muda umurnya (krena setiap tahun selalu ada lulusan baru yg lebih fresh), akn tambah sulit hanya dgn mngandalkan pengalaman kerja.
      Tpi alhamdulillah positifnya,setelah bertarung keras skrg ane lebih fleksibel dalam dunia kerja.

      Hapus
    2. Menakutkan versi ane itu -/+ :
      Kita tdk bisa fleksibel, misalnya capek pengen resign tpi sulit krena kebutuhan. Pengen bertahan tapi capek dan bosen dgn dunia kerja yg itu2 aja.

      Hapus
  15. Gan kalau pernah kerja di alfamart terus ngelamar kerja di alfamidi bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok gan, asal lulus test aja. kasir ane yg resign dari Alfamidi, Skrg dia kerja di Alfamart juga.

      Hapus
    2. Serius. Ane baru melamar di alfamart juga. Trus keterima tinggal nunggu traning. Tpi temen tes ane yg udah training duluan. Dia bilang ada yg disuruh pulang karna bekas alfamidi di alfamart

      Hapus
    3. Lalu skrang kabar nya gimana mas/mba apa lulus dri training ?
      Saya ingin coba, kebetulan ex midi juga

      Hapus
  16. numpang nanya, apakah untuk cowok wajib tinggal di mess? atau cuman di saranin aja?
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw Lawson sih ga wajib gan, tpi klw Alfamidi kayaknya iya. Krena dulu ane punya pengalaman, krena rumah dari toko cuma jarak 5menit (jalan kaki) ane sering pulang. Malah jadi omongan dan ditegur KT nya Mr. Ratono itu.. Pertimbangannya sih kasian sama anak2 yg mmg nginep di mes, yg selalu kebagian saat barang dagangan diantar gudang.

      Hapus
  17. Kalau mantan karyawan alfamidi melamar ke alfamart ke deteksi gak ?
    Maaf mau nanya nih saya penasaran pengen coba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw soal ke detec atau ga nya sih, ane ga paham gan. Tapi kayaknya ga sih, krena biarpun CEO nya sama tapi secara manajemen dan sistem berbeda. Jadi ga ada koneksinya

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Mau nanyak donk, Saya kan Udah lulus ujian Udah juga interview. Nah, Saya d suruh Nunggu 2 minggu. Itu Bener Di panggil Gak ya.

    Harap respond Ya mas.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes di palmerah barat?
      santay aja psti dipanggil asal sabar aja klo blm dpt giliran

      Hapus
    2. Saya test di kantor alfamidi medan.

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Mau nanyak Lagi boleh ya...

    Kalo Dalam 2 minggu Gak di panggil, kira-kira itu gugur ya???

    Ohh Iya Yang Udh masuk alfamidi d sini, Paling Lama berapa hari nunggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane sih, pasti dipanggil gan klw sudah lulus psikotes dan sdh sampai tahap interview.

      Dulu ane ga sampai 1 minggu sdh dipanggil, mungkin skrg ada peraturan baru sampai harus nunggu 2minggu. Mungkin pertimbangannya karena lagi hitung2 kebutuhan crew dll. *mungkin ya

      Hapus
    2. Udah jantungan aja soalnya, Udh mau 2 minggu pulak. Hari senin Besok Dah 2 minggu Tpi Gak ad kabar Sama sekali.

      Kalo Gak d panggil Dalam 2 minggu, Buat Lamaran ulang itu Gpp ya??

      Hapus
    3. Gpp sih klw ngelamar lagi, tpi biasanya pasti ketahuan sama tim hrd nya. Saran ane tunggu aja dulu gan, mungkin belum gilirannya aja. Keep positif tinking

      Hapus
  22. Mau nanya dong,kalo baru mau ngelamar kerja dialfamidi emang wajib ya pake sepatu yang bertali?

    BalasHapus
  23. Mau nanya dong,kalo baru mau ngelamar kerja dialfamidi emang wajib ya pake sepatu yang bertali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya menurut ane, ini bukan aturan sih gan. Lebih ke attitude aja, kalau sekarang udah enak bisa pakai sepatu kets waktu jaman ane wajib pakai pantofel gan.

      Hapus
  24. Kasih tips dong supaya lolos test dialfamidi πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau Tips mah, ane bingung gan. Ga ada sekolahnya haha πŸ˜‚

      Hapus
  25. maaf gan mau nanya. Kalo di alfamidi proses trainingnya ada tempat sendiri di (kyk di indomart) atau training di toko aja? mohon dibantu infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kok gan, ada tempat training juga di kantor pusatnya.. Tpi proses pematangan tetap digerai nantinya.

      Hapus
  26. Hmm.. Gtu yaaa😟
    Satu lagi nih mau nanya😁kalo di alfamidi itu ada penahanan ijazah ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sih nahan gan tahun <2014, cuma skrg udah ga lagi. Krenakn udh ga dibolehin sama Pemerintah.

      Hapus
    2. Ohh gtu ya alhamdulillah kalo udh engga mahh..
      Tapi masih ada aja supermarket yang kaya alfamidi yang masih nahan ijazah asli...

      Ywdh trimakasih atas sarannya πŸ™

      Hapus
  27. Alfamidi Kalo nyuruh training, ngubungi nya d SMS Atau Di telpon ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu zaman ane sih, pas lulus test langsung dibilang waktu trainingnya gan. Hehe
      Sekarang mungkin beda ya, udah ora update soalnya. Punten

      Hapus
  28. Gak jelas pun alafamidi ini, di Suruh nya Awak nunggu 2 minggu. Udah 2 minggu Lebih Gak ad kabar. Kalo Gak Ada Lapangan pekerjaan, Gak usah buat walk interview. Buat Org nunggu Lama aja. Dy kira di situ aja kerjaan😣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar, tetep semangat dan terus berusaha.. Rizki itu berasal bukan hanya dari 1 pintu kok, yg penting terus ikhtiar πŸ‘

      Hapus
    2. Gw dsuruh nunggu max. 1 bln, tapi panggilannya 1 bln 2 minggu..
      Kalo uh lolos pasti dipanggil traning..

      Hapus
    3. Nih gw yg masih harap2 cemas gan, gw pernah bekerja di Alfamart..
      Nah wktu lolos tes diumumin syarat2 yg harus dibawa saat traning, dan salah satunya surat pernyataan belum pernah bekerja di AlfaGroup..
      Alfamart termasuk AlfaGroup juga kan gan ??
      Hadewh bingung dah gw...
      Menurut lu gimana gan ???

      Hapus
    4. Mantap info lu gan, bisa mmbantu agan Wanda ngilangin penasarannya. Wah ada syarat itu ya sekarang, kurang update sih ane soal itu.
      Klw saran ane buat aja gan surat pernyataannya (jdi pura2 ga pernah kerja di Alfamart), kan kita niatnya baik pengen cari rizky yg halal hehe

      *biarpun modus dikit

      Hapus
  29. Cara buat surat pernyataannya kek gimna ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang kok gan, misal :

      SURAT PERNYATAAN

      Saya yg bertanda tangan dibawah ini
      Nama:
      NIK:
      Alamat:

      Dengan ini menyatakan bahwa tidak pernah bekerja sebelumnya di Alfagroup.
      Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.


      Hormat saya,

      (materai 6000)


      Abdul Kentut

      *kurang lebih gitu gan

      Hapus
  30. Gan kira kira klo udh dpt panggilan training,terus udh kita jalanin itu udh pasti di kontrak blm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah aman gan, 80-90% dikontrak. Asal serius dan ga main2 aja pas jalanin training nya

      Hapus
    2. Maaf ini mau nanya kalo cewe jenjang karir ny gmn yah peluang nya bnyk ga,
      Makasih.

      Hapus
  31. Kalau dulu pernah kerja di alfamidi terus coba masuk ke alfamart bisa gak kira"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw dulu sih bisa gan, tpi skrg kayaknya agk dipersulit mnurut info yg ane dapat. Krena sprti penjelasan diatas itu :harus menyertakan surat keterangan tdk pernah bekerja di Alfagroup klw mau bekerja disana.

      Hapus
  32. Di alfamidi di wajibkan ngemes ya gan?

    BalasHapus
  33. Kalo seandainya pernah keluar dari alfamidi pas udah training. Trus ngelamar di alfamart apa bakal keterima?

    BalasHapus
  34. Butuh cepet pencerahannya gan. Soalnya ane diterima. Tapi takutnya nnti ane disuruh pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente udah ttd kontrak brrti ya gan. Nah sperti penjelasan diatas sih,Salah satu syarat keterima di Alfamidi/Alfamart tdk boleh pernah bekerja di Alfa Group, tpi saran ane datang aja. Dan bilang "belum pernah bekerja di AlfaGroup" 😊

      Hapus
  35. Gan mau tnya kan dlm tesnya ada cek badan nah klo badanny gk bertato tp panuan atau pnykit kulit lainny apakah tetep ketrima gan? HeheπŸ˜‚

    BalasHapus
  36. Gan tempat ngambil ijazah dimana?ane gabung tahun 2011

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ett busyett senior ini brrti hehe, tergantung tokonya masuk branch mana gan. Krena dulu ane branch Tangerang, pas 2011/2012 pindah ke Jababeka. Dan Ijazah otomatis pindah ke Jababeka juga, tpi bukan seharusnya udah ga ada penahanan Ijazah ya? Krena dulu ane dibalikin pas masih kerja juga.

      Hapus
  37. Gan kalo kontrak satu tahun abis kontrak kalau di perpanjang bisa jadi md gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga otomatis jadi MD sih setahu ane gan, krena ada proses training, persetujuan KT/Korwil dulu baru bisa jadi Md. Paling klw kontrak 1thn habis, dan kinerja dipandang bagus tpi belum di acc jadi Md akan di kontrak 1thn lagi gan.

      Hapus
  38. gan jd ceritanya ane bulan oktober ini mau ngelamar di alfamidi
    nah kontrak awal pada saat kerja nnti kira" brp lama ya?
    ane soalnya gamau lama", paling lama cuma 3-5bln aja krn ane cuma ngisi waktu luang, nambah pengalaman dan mau belajar untuk sbmptn thn depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp kok gan, klw kontrak yg ane tau sih minimal 1thn (ga tau klw ada updatean lagi). Temen2 ane yg kerja 2-3bln terus resign juga banyak kok, tanpa ada pemotongan pinalti. Paling pengembalian seragam aja gan, Kecuali ada tunggakan NBH, Pencurian dll.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  39. Ka kalo mata minus kirakira bisa gak? Terus pas training misalnya pake kacamata bermasalah gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw ini ane agk bingung gan, soalnya dulu pas training ane ada test buta warna dan cek penglihatan juga.
      Tpi saat dilapangan, bnyak kok crew2 atau leader yg matanya minus (bahkan kacanya tebel bener). Saran ane Coba dulu aja gan, siapa tau mmg rizki nya di situ

      Hapus
  40. Gan mau nanya dong, kalau hari pertama seleksi Trening dialfamidi rambut sama kumis Harus dicukur ?

    BalasHapus
  41. Gan mau nanya dong, kalau hari pertama seleksi Trening dialfamidi rambut sama kumis Harus dicukur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pas lulus seleksi langsung dikasih tau sih sama HRD nya soal standar penampilan dari rambut-kaki, tpi klw belum ga usah dulu aja gan.

      Hapus
  42. Kak mau tanya dong, saya mau ikut walkin, tapi saya masih kuliah setiap sabtu, itu bisa gak ya kak kalo minta izin kuliah sabtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ga bisa deh gan klw kuliah dulu baru ngelamar kerja (kec. part time) tpi klw kerja dulu baru kuliah sih msih bisa di negolah.

      Hapus
  43. Kak klo kontrak blom abis tapi ngundurin diri kita kira dapet pinalti atau denda ga tuh kak di Alfamidi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara perjanjian sih iya, tpi pengalaman selama di Alfamidi kayaknya ga ada gan.

      Hapus
  44. Klw kerja cuma 2minggu dpt hak gaji ga

    BalasHapus
  45. Tergantung KT nya gan, klw dimasukkan ke laporan payroll bulanan ente ttep digaji. Klw ga sih, ya wassalam. Tpi kayaknya agk kurang etis sih klw kerja 2minggu,terus resign hehe

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Saya hari senin training di alfamidi Daerah pasar rebo.
    Mau nanya itu gajinya berapa ya
    Soalnya saya masih kerja juga, jadi bingung pilih mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. <2015 sih Utk gaji setau ane langsg ump jakarta gan, ya sekitar 3,6an lah klw skrg. Dan selalu update setiap tahunnya sesuai kebijakan Pemprov setempat <-- tpi klw ada pembaharuan sih ane ga tau gan skrg

      Hapus
    2. Itu untuk branch mana bro trus mulai dri kapan tes nya sebelum tranning / masa tunggu tranningnya brpa lama pas sblm pemanggilan tranning

      Hapus
  48. Numpang nnya gan, emng harus bngt di messs? Klo bisa PP boleh apa engga?

    BalasHapus
  49. Numpang nnya gan, emng harus bngt di messs? Klo bisa PP boleh apa engga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih iya gan, ane punya pengalaman sendiri soal ini. Tpi klw Lawson sih ga cuma Alfamidi aja

      Hapus
  50. Gan ane mw nanyak tggl 23 di sms di suruh ikut psikotes dan ane udah ikut psikotes truss di suruh panggilan untuk training

    Tapi pas tanggal 5 nya ane dapat sms lgi di suruh ikut psikotes lagi gan
    Mohon penjelasannya gan....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham ane gan, coba konfrmasi lagi aja ke yg mengundang test psikotesnya😊

      Hapus
  51. Kalo udah risen dari alfamidi bisa ngelamar ke lawson gak ka?
    Trimakasih

    BalasHapus
  52. Kalau udah risen dari alfamidi bisa ngelamar lagi ke lawson gak ka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw dulu sih boleh, ga tau klw skrg gan. Krena kabar2 dari comment2 diatas sih, udah ga boleh krena masih 1 manajemen biarpun beda PT

      Hapus
  53. Hi! Nama gue via .
    Lu Lawson dimana nya min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem2 gan mulai dari Kemang (tutup) -> Pramuka -> UBM -> MOI (tutup) -> Percetakan Negara -> Salemba Raya

      Hapus
  54. gan maaf mau nanya ane kan pernah kerja di alfamart 2014-2015 nah kalo mau ngelamar di alfamart lagi bisa ga ya? apa data ane masih nyangkut disana? tolong info nya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau minimarket yg sama sih pasti ketauan gan, krena sistem mereka itu udh canggih bener.

      Hapus
  55. Gan mau nanya ? Kalau ikut tes Alfamidi bisa gak sih Ijasah Smk gak ada . Tapi Ada Sertifikat PKL Alfa sama Transip nilai dan SKHUN bisa nyusul ga ya mohon di bantu gan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham sih ane gan, tpi coba aja. Lampirin fc ijazah aja dilamaran kerjanya

      Hapus
  56. Gan mau nanya ? Kalau ikut tes Alfamidi bisa gak sih Ijasah Smk gak ada . Tapi Ada Sertifikat PKL Alfa sama Transip nilai dan SKHUN bisa nyusul ga ya mohon di bantu gan ???

    BalasHapus
  57. Gan klo kita kerja di lawson/alfamidi abis trining tuh kan ada ttd kontrak kerja brp brp bulan gitu itu klo kita seumpama resign dadakan(kabur) kena pinalti(denda) ga tuh ? Bls plisss maklum soalnya rencana buat ngisih waktu luang mau kuliah

    BalasHapus
  58. Klo dari alfamidi ke alfamart gimana min ... Kira2 di perbolehkan ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw dulu sih oke2 aja gan, tpi skrg info updatenya udah gabisa. Bahkan harus dibuat surat pernyataannya seperti comment2 diatas ☝️

      Hapus
  59. Sekarang nunggu panggilan nya lama mas hhee
    HRD nya bilang tunggu panggilan traning minimal 1 minggu dan maksimal 2 bulan, Dan pada akhirnya saya sudah mulai mau menginjak 3 minggu belum ada panggilan juga hhee,
    Tapi setelah nanti jadi karyawan alfamidi kan ada mess nya tuh mas, tapi saya pilih ngontrak tetap boleh kan mas. Karena saya sudah mengalami bagaimana tidak enak nya tinggal di mes hheee
    Mohon solunyi mas. Hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw setau ane sih, sebenarnya gpp gan klw mau ngontrak sendiri. Tpi klw diAlfamidi itu saat datang barang usahakn ada di toko, krena klw ga akn jadi cemburu sosial antar pramuniaga. Seperti penjelasan ane diatas juga ☝️

      Hapus
  60. Kalau posisi BUYER itu gmn yah job descriptionnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang paham ane gan klw ini, krena ga pernah berhubungan langsung.

      Hapus
  61. Saya jadi bingung min, mau ngelamar di alfamidi apaa engga karena takut ketauan kedeteksi data saya, saya tahun 2016 pernah di alfamart selama 6 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lamar aja gan gpp, siapa tau diterima. Klw pas diminta buat surat pernyataan, buat aja (tidak pernah). Asal niatnya baik mah, insyllh dapatnya akn baik.

      Hapus
  62. Udah dkit lgi 2 bln blm juuga ada panggilan???? Bagaimana gan solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja gan, info dari agan2 diatas sih utk skrg pemanggilan mmg agk lama. Tpi sbg selingan ane saranin sambil cari2 aja lagi

      Hapus
    2. Wkwkw lwat dua hari dri tgl maksimal pemanggilan tranning gan akakak tgl 18 tranning nih wlwkw bagi tips apa yg wajib dan bner bner harus di bwa dan harus di lakuin biar lncar ampe ttg kontrak

      Hapus
  63. Bang kira2 jobdesk posisi helper/gudang itu gimana ya bang ? Terus kalo kerja di alfamidi itu boleh gak menikah di saat masih berada dalam ikatan/kontrak kerja ? Pliss dijawab yaa bang, makasih sebelumnya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk Helper ane kurang paham gan sorry, utk menikah sih kyaknya ga masalah gan. Tpi kurang ngeh deh, ane juga blm married soalnya 😁

      Hapus
  64. Ane juga mantan Alfamidi gan 2 THN tapi resign krn nggak kuat

    BalasHapus
  65. Saya mau tanya tolong dong dijawab bang. Saya mau resign bang sebelum gajian(gajian kurang 4hari lg) itu gajian nanti dipending gak? Kabar2nya sih dipending bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipending, mungkin karena ada hutangan biasanya gan.
      Seperti nbh dll, dan inipun karena ada inputan dari KT/Korwil nya

      Tapi kalau ga ada sih, kayaknya waktu zaman ane dulu kaga gan.

      Hapus
    2. Gak di pending gan, biasa nya SO karyawan setengah bulan sebelum gajian sih .. Mangkir jga kalo gk berangkat 3hari berturut2 .. otomatis belum mangkir klo 4 hri kan malem ny gajian

      Hapus
  66. Kalau udah dapat kertas putih, apa udah jelas di panggil atau bagaimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa itu kertas putih mas ?, kaga paham ane gan 😁

      Hapus
    2. Hehe kertas yang berisi persyaratan gitu gan , kartu kontrak,

      Hapus
    3. Klw sudah ikut test & psikotes dan lolos sih, harusnya sudah diterima gan. Tinggal tunggu aja

      Hapus
    4. Thanks bang infonyaπŸ™

      Hapus
  67. Gann ,mau nanyaa nihh ane eks alfamart 2thn (abis kontrak) nah kirakiraa kalo ane ngelamar di midi kirakira data ane kebaca kagaa yaa ?? Terus di cv ane tulis eks alfamart atau jangan ... Soalny bsok mw nyoba ke midii hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau soal ke detect atau ga sih ane kurang paham gan, tapi sesuai comment2 diatas klw ketahuan ga bakalan keterima (pakai surat pernyataan tidak pernah bekerja di Alfamidi/Alfamart), mudah2an sih ga ke detect gan πŸ˜ƒ. Wong niat kita cari kerja yg halal kok

      Hapus
  68. Waduh sama kaya gua nih,gua juga mau coba ke midi dan gua juga eks alfamart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa broo wkwkk ane mao coba takutnya pas lagi treningg ehh dipanggil hrd terus ketauan datanya disuruh balik lagi ...kan siasiaa

      Hapus
  69. Bang jadi pramuniaga di alfamidi boleh berkacamata gak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok, dan banyak juga setau ane. Tapi anehnya waktu ane test dulu ada test fisik soal penglihatan. Klw cewe sih biasanya jadi kasir gan, bukan pramuniaga

      Hapus
  70. Bang biasanya di gaji UMP pas brp bulan ? Klo tahun ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepemahaman ane sih, pas ttd kontrak langsung berlaku UMP berjalan gan.

      Hapus
  71. Kalo kita lgi masa training, klo gk masuk karna sakit/ijin ada keluarga meninggal, apa bakal dibilang gugur & harus melamar lagi slama 6 bulan kyk toko retail sebelah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detailnya kaga paham gan, tapi klw alasannya worthed dan diinfokan harusnya ga jadi masalah sih. Coba aja dulu gan ngelamar

      Hapus
  72. Saya mau tanya, bulan febuari 2019 saya akan training di alfamart. Tp saya pernah training dialfamidi selama 10hari dan dihari terakhir pengumuman penempatan saya tdk diambil karna kejauhan tdk diizinkan oleh ibu. Trs sya udh dapat NIK.tp belum tanda tangan kontrak. Itu gmna ya takutnya pas lg training di alfamart saya disuruh pulang:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa lama ada panggilan training Alfamidi gan

      Hapus
    2. Brrti klw udah keluar NIK sudah terbaca di system gan.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  73. Ada yg 1,2,3 bulan gan, tergantung kebutuhan merekanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pasti di panggil kah bang

      Hapus
    2. Sabar aja paling lama 2 bulan lebih juga ada ko yg pnting sabar

      Hapus
  74. Sudah terbaca ya? Pdhl belum kerja dimidi dan blm tanda tangan kontrak juga gan. Tp sdh dapat NIK. NIKnya tdk bisa dihapus kah?? Soalnya takut siasia gtu pas mau training dialfamart gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ttd kontrak, proses pembuatan nik biasanya juga sdh berjalan gan. Tapi mudah2an ga connect aja link antara Alfamart-Alfamidi nya. Hehe

      Hapus
    2. Belum ttd kontrak bang. Iya mudah-mudahan..

      Hapus
  75. Gan mau nanya kira kira kalo kontrak belum habis, terus kita resign kena pinalti gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane sih ga gan, asal ga ada hutangan NBH aja.

      Hapus
    2. Maaf ni bang mau nanya klo buat cewe tu kesemptn dapetin jenjang karir yg meningkat nya banyak ga yah ..

      Hapus
  76. Banyak bbanngggeettt gan, dan terbuka lebar. Ga usah takut

    BalasHapus
  77. Kalo cowok wajib tinggal di mess apa boleh pulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Lawson sih bebas gan, tapi kalau Alfamidi sebenarnya ga wajib tapi saat barang datang harus ada biar bantu2 nurunin barang. Kasian yg merantau soalnya, kebagian nurunin barang mulus klw ga dibantu, dan kasus gini pasti akan membuat kesenjangan sosial. Hehehe

      Hapus
    2. Setiap toko beda beda ko, ada yg wajib ada yg engga jdi tergantung cos nya

      Hapus
  78. Kalo cowok wajib tinggal di mess apa boleh pulang kalo rumahnya deket?

    BalasHapus
  79. Bang, numpang nnya donk kalo bekas alfamidi masih bisa ngelamar lagi gk ke alfamidi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau sih gan sebenarnya Krena ane belum pernah coba, tapi klw liat komentar2 diatas. Celahnya sempit banget, saran ane sih coba aja asal kita ga ada catatan hitam sebelumnya hehheh

      Hapus
  80. Kalo semisal udah kerja udah ttd kontrak . Tiba2 keluar , harus bayar ganti rugi ga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane sih gpp gan, asal ga ada beban NBH/hutang yg lain berbentuk uang.

      Hapus
  81. Bang kalau resign sebelum masa kontrak 1th habis ,kurnglebih(8bulan) dapet paklaring gak ya?

    BalasHapus
  82. Kayaknya sih dapat gan, tapi fix nya coba konsultasi ke Korwil. Biar lebih jelas

    BalasHapus
  83. Maaf ka mau nanya. Kalo di Lawson jam kerjanya berapa jam dan berapa shift? Kalo tokonya 24jam cewek ada shift malemnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lawson itu beroperasi 24jam, pershift 8 jam. Khusus cewek maks jam 22.00 gan

      Hapus
  84. Maaf bang mau tanya. Apakah kita ditempatinnya sama setalah ditempat training?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabnya persis seperti gan Dinda, ditempatkan sesuai kebutuhan outletnya.

      Hapus
  85. Tergantung kebutuhan toko kemarin setelah training alfamart ada juga yang ditaruh di toko yang sama

    BalasHapus
  86. Kalo dandan masih alfa grupp gaaa yaa broo ?? Gw soalnya mau ngelamar kedandan tappi eks alfamarttt

    BalasHapus
  87. Trimakasih atas wawasannya, mantep benerr baca mulai atas sampe selesaiπŸ‘
    Gan mau tanya,kalo tugas nya kasir cewek itu ngasirin aja atau juga ngikut ngecek2 barang gitu?trmakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau setahu ane, tugas kasir itu:
      - ngepel/nyapu diawal shift
      - Cek barang2 yg ga ada price list terupdate
      - ngasirin
      - SO harian Rokok dan Susu* /shift
      - Kalau barang tenang gan, urusan laki2 😭

      Hapus
  88. Bang kalo pas awal training trus kita lupa bawa ijazah asli, gmna bang? Apa bisa besoknya lagi?

    BalasHapus
  89. Emg skrg tahan ijazah asli lagi ya ?

    BalasHapus
  90. Apa nama Instagram nya bang

    BalasHapus
  91. Mantan alfa apa bisa kealfamidi apa ada yang pernh keterima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asal nunggu sebulan , trus bpjs ketenagakerjaan nya kalau udah di cairin jgn di pake lgi , biar nanti ajj bikin yg baru .
      Soalnya keditek itu dri BPJS jadinya pas ngelamar kita jdi ketahuan dan gak lolos.

      Hapus
  92. Ane mao tanya tanya bang, ane kan lamar di indomaret langsung dari website, nah kebetulan di sekitar rumah ada open recruitment indomaret juga, kalo misalnya ane ikut juga, kira" aman ga ya bang?

    BalasHapus
  93. Bang, kalo lawson sama alfamidi beda gk? Apa satu grup gitu? Soalnya ane bekas alfamidi.

    BalasHapus
  94. Bang klo udh ada panggilan buat training itu udh pasti masuk kan ya bang?

    BalasHapus