Senin, 18 Maret 2024

Pengalaman kerja di Shihlin Taiwan Street Snack




Nama Usaha : Shihlin Taiwan Street Snack
Alamat Office : Komplek TOHO, kapuk muara, pluit, Jakarta Utara


Hari ini, Selasa 22 Agustus 2017 adalah hari terakhir kali gue gawe di Shihlin (makanan Halal ini, biarpun namanya agk chinese2)

Berbagi pengalaman saja
Niat gw nulis ini, bukan utk menjelekkan ataupun mmbuat org berfikir negatif ttg sebuah usaha dll. Ini murni buat sharing aja, yahh klw ibarat UTS/UAS ini adalah kisi2nya biar ada sedikit gambaran ttg sebuah pekerjaan yg akan kita jalanin.

Awal gw masuk itu, gw dapat info dari loker di Jobstreet dan dalam 3 hari direspon oleh Hrd nya utk datang interview. Awal2 sih gw nyasar2 ga jelas, lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera bersama teman bergembala (lah lah kok jadi nyanyi ninja hatori 😁)

Oke gw mulai dari proses test aja ya biar nyambung dan penuh2in blog gw hehe
Waktu jaman gw dulu sih, Tahap2 testnya kurang lebih sbb :
- test penjumlahan angka (dgn waktu yg ditentukan)
- interview sebentar dgn Hrd, gw dulu yg interview namanya bu Erika (skrg infonya sih udah resign)

Setelah selesai nih
Besoknya gw disuruh datang lagi, dan interview langsung dgn Usernya yaitu manager marketing dan langsung nego gaji (pokoknya lumayan express lah, krena info yg gw dapat mreka mmg lagi butuh cepat). Setelah deal semua, Disini gw dapat tugas utk mengecek Gerai Shihlin di Gandaria, apa aja yg bisa gw kembangkan yah sejenis analisis SWOT lah. Dan ini akan gw presentasikan lagi.. Setelah semuanya lulus, gw pun mulai aktif di Shihlin Indonesia 😘, yg jujur awalnya juga gw ga tau ini Shihlin apa sih. Krena maklum dulu sering nongkrong di flyover kalibata haha..

Ohya gw mulai ya cerita pengalaman gw nya...
Tapi sebelum gw mulai gue mau tanya dulu, lu pada tau Shihlin ga? Klw ada yg ga tau brrti hidup lu penuh dengan pasar malam 😂 (sama kayak gw dulu). Dan anak2 muda Jakarta klw ga kenal Shihlin, kelewatan banget dah. Mending pulang kampung aja, macul sawah sono hehe

Krena hampir semua mall di Indonesia (Jakarta apalagi, jgn ditanya) sudah ada ini Shihlin. Gue mulai cerita pengalaman sbg Marketing Shihlin ya. 
menurut gue pribadi kerja di Shihlin itu enak, santai, dan ga terlalu banyak nuntut. Khususnya divisi gw yg sebagai Marketing Shihlin dgn Manajer pak Billy yg baiknya tingkat Presiden Jokowi hehehe. The Best lah pokoknya

Pekerjaan gw disini, ga seperti marketing yg sering lu denger ya yg tugasnya jualan produk, menawarkan produk ke customer dll. Krena menurut gw klw jobdesk nya begini sih bukan marketing tapi sales namanya, cuma biar terlihat keren jadinya disebut marketing.
Disini kerjaan gw itu meliputi:
1. Membuat promo yang yg cocok utk gerai (entah berlaku nasional ataupun per gerai)
2. Melakukan kerjasama dgn pihak ke-3 yg bisa menguntungkan secara brand, ataupun join promo
3. Kontrol keliling gerai, apakah promo yg dibuat berjalan dan ditawarkan oleh operasional
4. Koordinasi dgn tim design ttg content yg tepat
5. Memastikan media promosi tercetak sesuai planing
6. Memastikan stock barang (administrasi) sesuai utk barang keluar-masuk. Khusus barang marketing aja
7. Melakukan komunikasi yg baik dgn pihak mall, entah itu soal promo, pemasangan media promo dll.
8. Tarik data promo yg berjalan, utk bahan meeting pak manager marketing mr. Billy
9. Bertanggung jawab soal keberhasilan promo saat opening/promo anniv./promo khusus dll.
10. Memastikan semua yg kita kerjakan sudah approval manager marketing.

Mau bahas soal divisi gw dulu nih
selama kerja disini, gw selalu PP Kebayoran baru - PIK guys -/+ 1 jam perjalanan (lewat busway hehe) klw jalur normal bisa 1,5 jam lah. macetnya itu di sepanjang jalan panjang + ada perempatan di deket sungai PIK yang macetnya ga bisa diprediksi. dan kantor Shihlin ini klw telat, bisa kena potong gaji hiks hiks.

Tapi ini normal sih, krena memang gw nya juga bukan orang dgn prepare waktu yang baik (alias sering telat hahaha). gw langsung mulai ya, to the point aja nih selama gw gawe di Shihlin Indonesia, hal yg agak kurang hanya dari income/salary aja, yg menurut gw masih kecil dan belum sebanding dgn kerjaan yg kita kerjakan khususnya divisi gw, biarpun kantor menyediakan fasilitas kunjungan luar kota, hotel, pulang-pergi (pesawat/kereta) tpi kita ga pegang duitnya, cuma jalan2 doank.

Tpi klw soal ini sih, tergantung pilihan kita, karena sebelum join kerja kita ada tawar-menawar soal salary, klw ga cocok yahh mundur aja. Dan sebenernya income yg didapat juga ga kecil2 amat sih, mungkin gw nya aja yg ga pernah bersyukur. Karena income yg didapet itu udah melebihi UMP + bensin dan parkir saat kunjungan gerai akan diganti oleh perusahaan, asal struk/buktinya lengkap. Yah sebenernya sih sudah sangat lumayan 😅

Ohya saat gw jadi marketing disana, gw pegang - /+ 50-60 gerai, ini gw handle sendiri dgn jobdesk sperti yg gw jabarkan diatas. Wooww !!
Klw dipikir sih mmg over job, tapi pas dijalanin asyik kok. Pokoknya asyiklah krena managernya orang baik dan bukan tipe otoriter.

Utk divisi operasional, biarpun bukan divisi gw. Tapi menurut kabar yg gw dapat, UMP Jakarta 2017 di Shihlin hanya berlaku untuk Leader ke atas, klw masih crew/kasir gajinya - /+ 2.9jt dan ini ditambah fasilitas catering, bonus klw outlet mengalami keuntungan, yah klw dijumlahin insyaallah bisa senilai UMP lah 😀 (tpi perlu ekstra kerja).

Sebenernya mnurut pribadi gw, ini termasuk nominal yg lumayan sih, biarpun belum ssuai standar. Dan Perusahaan ini sering banget buka lowongan kerja, dan recommended lah klw untuk temen2 yg baru mau memulai pengalaman kerja.

Mau bahas sedikit soal Owner Shihlin Indonesia nih
Namanya Pak Janes dan ini org baik nya sumpah tak ada tandingan nya. Hampir tiap bulan (walaupun ga juga sih, seringlah pokoknya) ngajak makan2 anak Office (hotel bintang 5 euy, kapan lagi coba makan sepuasnya dan GRATIS), trus klw udah setahun bisa diajak jalan2 keluar negeri (francis, Jepang, Spanyol dll) tpi sayangnya gw kurang beruntung karena out lebih awal (belum setahun), kalau saran gue sih drpd makan2 atau jalan2 ke luar negeri, mending digunain utk kesejahteraan karyawan dlu biar barokah Shihlin nya. Ini hanya berlaku utk office ya, klw utk tim operasional ttap berjuang kejar sales 💪

Tapi yg gw denger, manager operasional selalu berusaha utk meningkatkan kesejahteraan divisi nya. Dan selalu sounding ke owner mengenai ini. intinya Bos operational nya ga diem-diem bae kok, tetap memikirkan nasib anak buahnya

Ohy 1 hal lagi, diperusahaan ini sangat banyak aturan yg harus lu taati. Karena perusahaan ini juga masuk dalam kriteria "membuat peraturan yg banyak, tapi memberi yg sgt efisien ke karyawan"

Trus klw lu keluar tdk sesuai prosedur, gaji lu di bulan terakhir kerja ga akan dibayar oleh perusahaan. Biarpun lu kerja Full 30hari, kasian ya. Tapi ini ga nipu kok, ini tertera di surat perjanjian kerja. Klw mau uangnya keluar full, pastikan lu resign sesuai prosedur (pengajuan H-1bln)
Dan untuk anak outlet, klw mau bekerja syaratnya akan ditahan surat jaminan (jjazah/surat lahir/surat nikah dll). Dan soal brpa lama ditahan, gw kurang paham juga. 

Tapi ntah apapun yg terjadi disini sedih/senang,  jujur 60-70%nya gue enjoy dan seru selama bergabung,  asal kita ga nyeleneh dan melanggar aja, yah maen amanlah ga usah neko-neko. Semoga semakin baik kedepannya dan sukses trus, mudah2an karyawannya lebih sejahtera lagi.

Dan Salam kompak selalu khususnya lantai 5 yg isinya marketing dan HRD, ruangan tergokil di kantor shihlin. Isinya kalau pas zaman gw ada: pak Ismail, pak Agung, pak Aulia, Bu Erika, ci Merry, baba' Irwan, Dian, Denny kuadrat, Arif, and Cia.

Ohya satu lagi, klw biasa di tempat lain klw lu melakukan kesalahan integritas pasti langsung dikeluarkan tanpa ada embel2 lain. Klw disini lu melanggar integritas lu tetap akan di keluarin plus bonus gaji terakhir tdk dikeluarkan (sperti penjelasan gw diatas), dan akan diproses di kepolisian.

Berbeda dgn perusahaan besar, klw cuma kesalahan integritas yg tidak terlalu merugikan Perusahaan tdk akan diproses biarpun itu ttg integritas misal seperti : MCD, KFC, ALFAMIDI, ALFAMART, INDOMARET dll. Kecuali lu korupsi uang Perusahaan ya, klw itu mah wajar di Polisi kan. Karena perusahaan ini sangat menjunjung tinggi nilai sebuah integritas. pokoknya menjunjung tinggi integritaslah, tinggi banget

Hal yg paling berfaedah selama gw kerja di Shihlin ini adalah gw bisa keliling2 mall di Indonesia dan berkenalan dgn org2 dalam mallnya, terus bisa masuk Dufan gratiss cuma dgn modal KTP doank sama bisa keliling kota besar (tapi yang ada Shihlinnya ya) . Pokoknya udah kayak orang penting dan yg ga kalah penting gw bisa kenal Shihlin makanan kekinian yg digandrungi anak muda dan enaknya itu, ga ada lawannya. Jos gandossss !! haha 😁

Nyesellah pokoknya klw lu belum tau dan belum pernah coba makanan Shihlin ini (terutama yg BBQ), mending lu jgn jadi anak muda dah jadi anak tua aja hehe

Org2 hebat di Shihlin Taiwan Street Snack Indonesia, tpi pas gw masih bergabung ya :

Owner: Pak Janes
BM: Bu Wince (adiknya owner)
Manager Semuanya: Pak Ian
Manager HRD: Pak Danny
Manager Marketing: Pak Billy
Manager Keuangan: Ci Mei
Manager Operasional: Pak Jefri
Manager IT: Pak Surya
Manager Logistik: ci Killa
Manager Gudang: -
Manager Purchase: ci Febby
Manager Franchise: -

Itu aja sedikit cerita gw selama kerja disana, semoga bermanfaat n bisa menjadi bahan pertimbangan temen2 dalam mencari pekerjaan.

Terakhir saran utk operation: utk crew saat menggoreng chicken khususnya, tolong diutamakan safety nya. Misal dgn karet anti panas minyak dll. Dan semoga Shihlin selalu sukses dan terus berkembang kedepannya secerah matahari yg bersinar dipagi hari. Aminnn 😇

Gw sangat yakin akan sukses sih, karena owner-nya orang baik maka usahanya pun akan berjalan baik juga.



Selamat berkarya dan selalu melakukan yg terbaik
Salam damai ✌️

92 komentar:

  1. mantap Berrry, Gw deny kuadrat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir blog gw, bayar iuran lu kisanak. 😁

      Hapus
    2. Hallo admin b&d itu bagian apa ya? Dan apakah ada penahanan ijazah? Terimakasih. Mohon segera dijawab ya.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Sudah kuduga kau pak berry wkakaa, tpi awal ngiranya pak aul hahaha. Best marketinglah klo kunjungan ke outlet kagada pelitpelitnya wahahaha

      Hapus
    5. Terima kasih informasi dan pengalamannya semoga bisa menjadi inspirasi bagi semuanya yang membaca termasuk saya
      thanks ya

      Hapus
  2. kalau boleh tau jam kerjanya dari jam berapa sampe jam berapa untuk office dan sabtu minggu libur ga? terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 09.00-17.00 gan, tpi mentok2 jam 18.00 lah. Sabtu-minggu-tgl merah off gan (khusus office)

      Hapus
  3. Jl. Pantai Indah Kapuk Barat, Komplek TOHO, Blok G No.3 Kapuk Muara, Penjaringan Jakarta Utara 14470 misi pak mau nanya apakah betul kantor d atas, soal nya saya dapat panggilan interview?

    BalasHapus
  4. Mas kalo bagian operasional job desk nya apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ane bukan org Operasional sih gan, tpi ane bantu jawab sedikit:
      -turun dan cek barang dagangan
      -goreng ayam (mulai dari proses depros, proses ke tepung panir, goreng dan proses potong), proses potong nya ini adalah ciri khas yg ga ada lawannya. Udah kayak pemain kungfu
      -yg dimasak banyak sih sebenarnya, tpi yg familiar dari shihlin sih ayam nya.
      -tpi tenang, sebelum ke gerai crew baru akan dapat training kok.

      Hapus
  5. Sama halte terdekat nya apa ya mas yg di Pik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa kekantor ane pakai kendaraan pribadi, krena biasa lewat jalur jalan panjang-daan mogoot. Kayaknya halte busway yg dekat itu koridor 3 Kalideres – Harmoni gan, tpi dari sini masih lumayan jauh sekitar 2-3km lagi.

      Hapus
  6. Yg bikin ngeri tahan ijazah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ini pasti gan, entah itu ijazah, akte lahir, atau surat nikah. Pokoknya salah satu diantara itu pasti ditahan.

      Hapus
  7. Mau tanya ini sistemnya kontrak ga? Kalau kontrak berapa tahun? Makasih!

    BalasHapus
  8. Mau tanya ini sistemnya kontrak ga? Kalau kontrak berapa tahun? Makasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ane tau sih mmg sistem kontrak, tpi Maaf gan utk detailnya ane ga terlalu tau soal ini takut salah jawab krena bukan bidangnya. Dulu ane di bagian Marketing soalnya 😊

      Hapus
  9. Boleh info nomer yg bisa dihubungi untuk info franchise? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 02122512252 coba telp ke sini gan, nnti akan disambungkan ke pihak yg terkait Sesuai divisinya.

      Hapus
  10. Untuk soal sift? Dan gaji crew outlet UMR OR UMK OR UMP, thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk shift yg ane tau dibagi 2,
      Open: 10.00
      Close: 22.00

      Utk salary seperti yg ane tulis diatas gan utk nominalnya, tpi klw yg terupdatenya skrg ane kurang tau. Krena dulu resign thn 2017

      Hapus
  11. Emg bener ya, kita ttd kontrak tp itu tahap traning dlu 3bulan nah baru 2/3hari kita mengundurkan diri karna sakit dan gabisa maksain buat lanjut lagi itu tetep kena pinalty 1jt untuk nebus ijazah ? Tolong infonya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane sih mmg ada perihal pembayaran penalti, krena pertimbangan biaya training dan SOP Operasional (notice H-1bln). Tpi utk detail nya seperti apa ane kurang paham gan, krena bukan divisi ane itu dulu.

      Hapus
  12. Mas saya lihat banyak lowongan utk crew shihlin. Sebenernya jobdesk crew shihlin apa ya mas? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jobdesk nya standar sih gan -/+ sama dgn crew2 f&b yg lain (sesuai saat pas ane kunjungan), seperti:
      - menjaga kebersihan gerai
      - membuat produk penjualan (ini ada proses trainingnya)
      - menjaga cogs gerai tidak over target
      - memahami dan menawarkan promo yg berjalan
      - dll

      Hapus
  13. Minta info gan. Klo job desk leader apa aja iyah.. dan untuk 1 otlet ada brapa jabatan. Dan apakah di shihlin ini pakai sistem kontak otomatis atau bisa peluang perpanjang.sampai jejang karir.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pekerjaan leader sih kayaknya hampir sama dgn tugas crew biasa, cuma dia yg mengawasi dan mengontrolnya biar semua bisa berjalan lancar
      2. Paling :crew biasa, crew senior, leader, captain/asst. Captain
      3. Sistem kontrak dan ada jenjang karir juga klw kerjanya bagus, krena ada kok yg dulunya crew biasa skrg jadi apv. Area shihlin (sampai skrg masih kerja di Shihlin).

      Tpi ini harusnya pertanyaan ke divisi operasional sih, ane kan divisinya marketing. Tpi -/+ nya gitu mungkin 🙆

      Hapus
  14. Mas, mau nnya.. Kalau sistem penggajian nya itu hrus memakai rekening bca atau bisa lainnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operasional sih ane kurang tau gan, mungkin sih iya. Krena utk office pakainya bank commonwealth

      Hapus
  15. Mas saya dapet panggilan, tapi sebelumnya ditawarin jadi audit, kalo audit itu jobdesknya ngapain ya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane ada temen nih di Audit namanya Danu, orgnya baek bener hehe. Yg gw tau sih dulu tugasnya Audit stock semua divisi apakah plus/minus klw yg lainnya kurang paham, sama enaknya keliling2 kota mulu tiap bulan mas.

      Hapus
  16. Min mau tanya, crewnya boleh di kerudung ga?

    BalasHapus
  17. Pakai kerudung mksdnya gan, bukan dikerudun.. hehe
    Boleh kok, banyak crew2 cewe yg pakai kerudung juga di gerainya. Mayoritasnya malah

    BalasHapus
  18. Gan, tanya dong. Kalo utk karyawan officenya itu sistemnya kontrak gak ya? Tahan ijazah dkk gak? Benefitnya apa aja gak? Ada askes selain bpjs gitu gak? Thanks ya sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecuali div operasional kyaknya ga ada penahanan ijazah deh gan, soalnya ane dulu kaga. Benefit -/+ bensin, parkir, tunjangan perj keluar kota (klw ada akses), klw bpjs kayaknya harus sampai 1thn dulu baru dibuatkan.

      Hapus
    2. Kalo sistem karyawan buat karyawan head office gmn gan? Probation 3 bln lalu permanent atau kontrak gitu? Thanks sblmnya

      Hapus
  19. Saya calon crew shihlin dari bandung, tgl 27 bulan ini training 1 bulan dan langsung penempatan di jakarta. Mau tanya mas daerah yg paling rekomend banyak kost2an murah di jakarta kira2 didaerah mana ya?? Biar bisa request penempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah Jakut ( dekat kantor utama shihlin, tempat nnti training) bnyak yg murah2 juga gan. Tpi utk jarak dari Shihlin biasanya agk lumayan jauh, krenakan Shihlin rata2 diMall. Klw sekitar2 Mall pasti pd mahal2 kost2an.

      Hapus
  20. Mas kalo boleh tau kenapa resfn dari sihlin? Untuk office ada jenjang karirnya ga? Thanks infonya membantu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jenjang karir di office sih agak kurang jalan setau ane gan, tpi secara salary sih ada. Tpi Klw operasional jenjang karir+salary nya ada gan

      Hapus
  21. Mas mau nanya, kalo masih aktif jadi mahasiswa daftar crew shihlin bisa engga yang??jadi cuma ambil sift yg sore/malam aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti pernyataan ane diatasi sih gan, waktu jaman ane ga bisa. Tapi kalau skrg ga tau deh updatenya

      Hapus
  22. Maaf mau tanya training di head office nya berapa lama ya ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga lama sih setau ane, paling 1-2 Minggu. Maks 1 bulan, tpi detail ane kurang tau karena operasional bukan bidang ane hehe

      Hapus
  23. Masih di buka gak bang untuk bagian marketing??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya ke orang yg salah mas, punten 😁🙏

      Hapus
  24. Gan, kalo ane mau ngelamar ke marketingnya gimana ya ga?,

    BalasHapus
  25. Klw Shihlin buka lowongan biasa mereka selalu update di jobstreet mas, coba aja search di jobstreet dgn wording "Shihlin Taiwan street Snack".. siapa tau mereka ada buka lowongan

    BalasHapus
  26. Infonya dong mas.berry test nya yg hitungan seperti apa. Berapa kali test. Khusus untuk leader keatas.dan juga poaisi untuk dikantornya. Pasti beda testnya....maksudnya biar ada pencerahan sebelum test

    BalasHapus
  27. Wah agak2 lupa ane gan detailnya, udh sekitar 2-3thn yg lalu. Yg ane inget sih, ada test penjumlahan angka2 aja itu ada sekitar 7-8 sheet. Ini utk bagian office ya, klw operasional ane kga tau gan. Hehe

    BalasHapus
  28. Kalo baru ngelamar misal udh keterima jadi karyawan nah anak baru itu udh kerja sebulan , kira2 gajinya brp ya? 1,5/2,9 ka? Trus emg harus bgt penahanan ijazah yaa? Klo ijazah aslinya blm ada yg ada fotocopy nya aja gimana tuh? Apa bisa pake akte kelahiran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw utk gaji sih, ane kurang paham detailnya gan. Tapi utk ijazah yg ditahan yg aslinya, klw ga ada ijazah asli ane juga kurang tau nih. Mungkin bisa ditahan surat lainnya (seperti terlampir diatas)

      Hapus
  29. Ada karyawan tetap ga crew nya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw utk operasional ane kurang tahu gan, tapi utk office sih setahu ane ga ada. Tapi kurangktau kalau sekarang

      Hapus
  30. Bangg kalo untuk oprasional brpa jam kerja nya .Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa 8jam gan pershift, buka jam 10.00-22.00 biasanya prepare/closing 1 jam lah utk persiapan-persiapan.

      Hapus
  31. Pagi mas Berry, mas punya kontak Ci Febby gak mas bagian purchasingnya? Saya berencana mensupply ayam ke shihlin kira2 prosedurnya gmn ya mas? Makasih mas mohon responnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang gan, manajer purchase Bu Febby. Utk cp saya ga punya, tapi bisa langsung menghubungi ke kantornya dan biasa akan diteruskan ke yg bersangkutan oleh receptions nya

      Hapus
  32. Kalo boleh nanya , kenapa resign ? Apa alasannya bang resign?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mmg sdh waktunya ga bersama Shihlin lagi 😁

      Hapus
  33. Mantap pak berry! Sukses selalu!

    BalasHapus
  34. kok ane belum di kabarin lagi ??? udah di foto trs udah di kasih tau gaji dan benefit udah hampir seminggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya gan, tunggu saja. Klw mmg rezeki ga akan kemana

      Hapus
  35. ane pengen hubungin pusatnya yg di pik tempat ane interview tapi ga tau nomornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di internet saja gan, contact officenya ada kok. Semoga sukses

      Hapus
  36. Ada tunjangan resiko kerja tidak ya? soalnya Kakak aku yang kerja bagian crew operasional dia sakit mata hingga bengkak.

    BalasHapus
  37. Kalau ini saya kurang paham gan, belum pernah dengar sih waktu ane masih diShihlin

    BalasHapus
  38. gan untuk crew blh berkcamata ga ?

    BalasHapus
  39. Gan,, kalo selama masa pelatihan 2 minggu sudah termasuk dihitung untuk satu bulan gaji tidak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang paham gan saya, saya bagian marketing dulu. Kayaknya sih tetap dibayar, cuma hitungannya training bukan hitungan kerja.

      Hapus
  40. Gan,, kalo selama masa pelatihan 2 minggu sudah termasuk dihitung untuk satu bulan gaji tidak??

    BalasHapus
  41. Gan,, kalo selama masa pelatihan 2 minggu sudah termasuk dihitung untuk satu bulan gaji tidak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya tetep dibayar deh gan, Tpi detailnya ane kurang paham.

      Hapus
  42. saya mau nanya bang...ijasah itu berapa lama ya ditahannya ?? apa selama kita bekerja dan perjanjian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya iya gan, selama kerja disana (khusus div. Operasional)

      Hapus
  43. Allhamdulillah saya keterima kerja jadi crew di shihlin cabang bandung. Mau nanya ka sepatu kerja buat cewe di shihlin tuh yg model kek gimana sih? Harus sepatu safety kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah gan, di PVJ atau Transmart nya ? Sukses selalu..

      Hapus
  44. Ka mau tanya nih kalau posisi QMS kerjanya ngapain aja?
    Trus kalau cwe yg krja disitu misalnya tiba-tiba mau nikah boleh ga? Apa dikeluarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane kurang tau gan detail pekerjaannya, karena dulu ane bagian marketing gan disana.
      Wah klw soal nikah kayaknya oke2 aja gan, dulu ane kaga pernah ditanya soal itu kayaknya. Jadi fine2 aja

      Hapus
  45. Tgl 12 kemarin saya interview + psikotes untuk bagian spv outlet, kebetulan pengalaman di fnb saya 6thn dibidang yg sama. Untuk salary spv cukup setara sih dgn brand" lain yaitu 5,7 . Di tempat lama saya palingan dapet 5,5 . Saya si berharap dan berdoa dengan panggilan berikutnya untuk sign kontrak. Yg jadi pertanyaan saya, dgn masa kontrak, apakah shihlin bisa menjamin untuk adanya karyawan tetap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prospek usahanya bagus gan, karena menyasar milenial yg ga akan ada matinya. Klw kartap ane kurang paham, tapi klw di offfice banyak staff2 lama sih

      Hapus
  46. Nice blog gan & terimakasih informasinya. Mampir juga ke blog aku di tulisanamanda.blogspot.com ada bahas tentang Shihlin juga, pernah interview & psikotes disana, Hihi

    BalasHapus
  47. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  48. Min kalo siap hari pertama training selama 2 Minggu trus itu lngsung di tempat kan outlet terdekat apa tunggu di panggil lagi

    BalasHapus
  49. Perihal operasional gw agak kurang paham gan, kmren gw dishihlin jadi marketing. Mungkin temen2 lain bisa bantu jawab mas nya

    BalasHapus
  50. Bang mau nanya di shihlin max umur berapa ya cewe

    BalasHapus
  51. Mooh maaf mau tanya, ada penahanan ijazah asli kah?

    BalasHapus
  52. Sori ngab mau nanya , emng ente ga dikasih tempat tinggal semacam tempat buat karyawan yg balik jauh, atau sihlin gada tempat buat itu , thnx moga dijawab

    BalasHapus